Postingan ini terinspirasi dari
sms-sms adik tingkat yang menanyakan media apa yang cocok untuk mengajarkan bahasa
inggris, hehe..yaa.. musim-musim Microteaching atau PPL lumayan rame sms dari
junior mengenai media pembelajaran Bahasa Inggris (English Teaching Media).
Alhamdulillah, nemu lagi file ini di komputer. Tapi maaf, lupa dapat file ini
darimana… hehe.. semoga bermanfaat! :D
PENGGUNAAN
BENDA-BENDA SEBENARNYA DAN BROSUR
Benda- benda sebenarnya yang
dimaksud adalah petunjuk- petunjuk yang tertempel pada kaleng-kaleng
makanan, botol-botol minuman atau kotak bekas wadah yang tak terpakai.
Termasuk pula ke dalam kelompok benda-benda sebenarnya ini adalah artikel,
iklan, majalah bekas, serta tiket pesawat bekas.
Untuk membuat siswa tertarik kita
juga bisa menggunakan brosur sbagai alat bantunya. Brosur yang bisa
digunakan antara lain: brosur tentang
macam dan jadwal pertunjukan suatu tempat rekreasi, pertunjukan pusat kesenian
atau brosur tentang peraturan pemakaian perpustakaan umum atau terbatas untuk
kalangan siswa dan mahasiswa.
APLIKASI
1. Untuk mengajarkan reading
·
Buatlah 3
kolom di papan tulis tentang : UTENSILS, INGREDIENTS, PROCEDURE.
·
Kemudian tanyakan berupa hal diatas kepada siswa
2. Untuk mengajarkan Kosakata
Untuk penggunaan brosur pertama disajikan pengenalan kosakata yang
kemudian bisa dilanjutkan dengan pengajaran speaking/ conversation
PENGGUNAAN CROSSWORD PUZZLES DAN RIDDLES
Riddles atau yang lebih dikenal dengan teka-teki
kata-kata, sedangkan Crossword puzzles nama lain dari teka-teki silang.
APLIKASI
1. Untuk Riddles
dan Crossword Puzzles, sebaiknya guru mengecek terlebih dahulu daftar kosa kata
yang akan digunakan setidaknya kata-kata
yang terlebih dahulu telah dipahami siswa.
2. Bila mengalami
kesulitan minta mereka (siswa) untuk mengerjakannya berkelompok. Lebih tepatnya
buat semacam kompetisi untuk membuatnya menjadi lebih menarik.
PRINSIP MEMBUAT PICTURE CHART DAN PENERAPANNYA
1. Untuk membuat
Chart anda memerlukan kertas dengan ukuran 60 cm x 85 cm, mungkin juga lebih
tergantung ukuran ruangan. Chart bisa menggambarkan satu object atau satu
kegiatan dengan ukuran gambar lebih kecil.
2. Gambar Chart
dapat dibuat dalam dua kategori : yang menggambarkan suatu topik atau situasi
orang beserta kegiatannya di rumah, di sekolah, dan sebagainya.
APLIKASI
1. Pengajaran
Structure
Bisa berfungsi sebagai reinforcement pengajaran Present Continuous Tense. Berikan/ siapkan
satu set pertanyaan pada siswa dengan menggunakan tenses yang sedang diajarkan.
2. Pengajaran
Vocabulary
PRINSIP MEMBUAT PAPAN FLANNEL DAN PENERAPANNYA
Papan flannel ( flannel board) adalah sebuah papan yang salah satu permukaannya dilapisi kain
flannel. Pada permukaannya ini dapat ditempelkan gambar-gambar yang juga
terbuat dari flannel. Apabila tidak ada flannel sebagai pengganti gunakan
kertas empelas. Papan ini dapat dibuat dengan mudah yaitu dengan melemkan bahan
flannel atau penggantinya pada papan triplek atau karton tebal.
APLIKASI
1. Untuk pengajaran
Kosakata
2. Latihan menyusun
Kata/ kalimat menjadi paragrap singkat
3. Pengajaran
Structure, susunlah suatu kata kemudian minta siswa mengubahnya menjadi sesuai
dengan yang diminta guru.
4. Story telling :
susunlah gambar sesuai dengan cerita yang telah anda siapkan terlebih dahulu.
PENGGUNAAN POCKET CHART
Pocket Chart adalah alat
Bantu mengajar bahasa yang terdiri dari karton tebal berukuran kira-kira 60 cm
panjangnya dan 40 cm tingginya, dimana ditempelkan beberapa deret kantong
setinggi 5 cm dan kartu-kartu dapat dimasukkan kedalam Chart tersebut.
APLIKASI
Pocket Chart berguna untuk mengajarkan susunan tipe kalimat : kalimat berita, Tanya,perintah; jenis-jenis kalimat seperti kalimat aktif, kalimat pasif dan pola-pola kalimat yang lain. Acaklah susunan tipe kalimat diatas dan minta siswa untuk menyusun kembali dengan urutan yang benar sesuai polanya.
PRINSIP PERMAINAN BAHASA (GAMES) DAN PENERAPANNYA
1. Games yang
dilaksanakan untuk pendekatan mencapai tujuan KBM.
2. Jenis Games
disesuaikan kemampuan siswa dalam belajar bahasa di kelas.
3. Peraturan harus
jelas dan tegas serta telah disepakati bersama siswa.
4. Permainan
dilaksanakan di tengah atau diakhir BM bukan pada awal.
5. Pilih permainan
yang melibatkan seluruh siswa.
6. Sebagai guru
hendaknya bertindak sebagai pengelola games, tegas dan adil.
APLIKASI
1. Untuk Pengajaran
Listening
Salah satu contoh game adalah Whispering (bisik berantai)
2. Untuk Pengajaran
Speaking
Salah satu contohnya adalah
Identify ( Permainan ambil-ambilan)
3. Untuk Pengajaran
Reading / Vocabulary
Salah satu contohnya Matching/ pigeon holing words.
4. Untuk Pengajaran
Structure
Salah satu contohnya adalah TIC-TAC-TOE
0 comments:
Post a Comment